PENTINGNYA MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK

PENTINGNYA MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK


Pentingnya memahami karakteristik anak dikarenakan sangat perlu diketahui bahwasaanya di dalam diri seorang anak memiliki karakteristik yang khas baik secara fisik, psikis, sosial, ataupun moral. Pada masa kanak-kanak, masa itu ialah masa yang paling penting untuk sepanjang usia hidupnya. Sebab dikala itu ialah masa dimana podasi kepribadian dalam diri anak mengalami pembentukan yang akan menentukan pengalaman anak selanjutnya. Pengalaman yang dialami anak akan memengaruhi kehidupannya selanjutnya. Sedemikian pentingnya memahami karakteristik seorang anak seolah-olah menjadi suatu hal yang mutlak untuk dilakukan jika menginginkan adanya generasi penerus yang mampu mengambangkan diri secara optimal. Sebelumnya perlu diketahui mengenai arti dari karakteristik, disini karakteristik diartkan sebagai keseluruhan perilaku dan kemampuan yang ada pada anak yang didapati anak dari pengamatan terhadap lingkungan sosialnya yang akan mempengaruhi kualitas dalam diri anak yang meliputi beberapa aspek seperti minat, sikap, motivasi, kemampuan berfikir, dan kemampuan awal yang dimiliki anak.

Selain pengertian mengenai karakteristik dalam memahami karakteristik anak juga perlu mengetahui beberapa hal yang menunjukan alasan betapa pentingnya memahami karakteristik anak, dan berikut penjelasannya:

Usia dini merupakan usia yang paling penting dalam tahap perkembangan manusia dikarekan usia tersebut merupakan dasar struktur kepribadian seorang anak untuk menjalani kehidupanya kelak. Jadi, untuk itu sangat diperlukan bagi anak untuk memperoleh pendampingan pelayanan yang tepat.

Pengalaman yang diperoleh seorang anak juga merupakan hal yang penting sebab akan berpeluang menjadi kebiasaan yang akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak. Jadi, untuk itu perlu penyajian pengalaman yang positif bagi anak dikarenakan anak akan selalu mengingat pengalaman masa kecilnya dan akan mempengaruhi kehidupannya nantinya.

Perkembangan fisik dan mental anak mengalami pertumbuhan pesat apa bila dibandingkan masa-masa berikutnya. Oleh karena itu perlu simulasi fisik dan mental.


Memahami karakteristik seorang anak juga banyak memberikan manfaat, bukan hanya bagi anak namun juga bagi orang tua yang menjadi pembentuk pondasi anak-anak mereka seperti:

Mengetahui hal-hal yang dibutuhkan oleh anak yang bermanfaat bagi perkembangan hidup anak.

Mengetahui tugas apa saja yang mendukung perkembangan anak sehingga dapat memberikan simulasi kepada anak agar dapat melaksanakan tugas.

Mengetahui bagaimana membimbing anak dalam proses belajar anak pada saat yang tepat dan sesuai kebutuhannya.

Menaruh harapan dan tuntutan terhadap anak secara realistis.

Mampu mengembangkan potensi anak secara optimal sesuai dengan keadaan dan kemampuan anak.

Dalam pemahami karakteristik anak maka perlu bagi orang tua untuk mengenali seperti apa karakteristik anak mereka dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya berikut ialah tips untuk mengenali sekaligus mengatasi anak dengan karakter yang dimillikinya. Jika anak

Pemalu atau Penakut

Biasanya anak yang pemalu atau penakut ia akan sering menempel pada orang tua dan mereka sering menunjukkan kegelisahannya. Kita sebagai orang tua tidak usah memaksakan mereka untuk berhubungan dengan orang lain namun juga jangan terlalu melindunginya. 

Pemarah

Karakter ini ditandai dengan sikap keras kepala mereka seperti sering menangis saat gagal melakukan sesuatu atau tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Maka dari itu biarkan mereka bergaul dengan teman-temannya dan belajar mengatur emosinya.  Selain itu lakukan aktivitas rutin bersama anak misalnya menggosok gigi bersama sebelum tidur.

Rewel dan mudah tersinggung

Anak yang seperti ini memiliki respon yang lebih peka disbanding anak yang lain. Dan karena batas kesabaran mereka pada intensitas yang rendah maka mereka mudah tantrum. Dan mereka akan sulit beradaptasi dengan orang lain dan situasi baru. Maka dari itu untuk menghadapi anak seperti ini kita harus mencoba untuk lebih fleksibel.

Jadi untuk itu dengarkan anak dengan baik serta berikan respon pada anak. Jika suatu ketika anak menghadapi suatu masalah, komunikasikan dengan mengintrograsi anak dengan baik dan coba fikirkan cara penyelesaiaanya dengan seperti itu anak akan merasa dianggap penting oleh orang tua sehingga intentitas kedekatan orang tua dan anak akan menjadi lebih dekat. Dengan intensitas kedekatan yang baik maka akan mudah bagi orang tua untuk mengenali dan memahami seperti apa karakter anak-anak mereka. Dan perlu diketahui keluarga menjadi sumber pertama pembentuk karakter anak. Keluarga diyakini sebagai faktor paling utama berpengaruh pada anak maka dari itu terapkan hubungan yang hangat dan saling mendukung di dalam keluarga karana hal tersebut akan menumbuhkan karakter positif pada anak. Jadi, poin yang harus diperhatikan para orang tua dalam menjalin hubungan interaksi dengan anak diharapkan untuk lebih terbuka, suportif, hangat penuh kasih sayang, saling menghargai posisi anak dalam keluarga, serta konsisten terkait keputusan mengenai persoalan tentang anak.

Sumber rujukan:

https://www.parenting.co.id

http://mirnanha.wordpress.com Pentingnya Memahami Anak Usia Dini

informed.com psikologi Anak Tips dan Cara Memahami Karakter Anak

Agung Hermawan, 2016, Mengetahui Karakteristik Peserta Didik Untuk Memaksimalkan Pembelajaran, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rita Eka Izzaty, Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan Anak, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.