Terapi Pikiran Bahagia

TERAPI PIKIRAN BAHAGIA

Penulis : Oktastika Badai Nirmala

(Jakarta : Erlangga, 2014)


Apa Itu Bahagia?

Kebahagiaan adalah sesuatu hal yang abstrak. Kebahagiaan adalah hal yang tidak berbentuk, tidak berwarna, tidak berbunyi, tidak berbau, dan cukup sulit untuk digambarkan. Namun, penulis menyimpulkan apa yang dimaksud dengan kebahagiaan dari beberapa kasus pribadi yang pernah ditanganinya sebagai konselor. Bahagia adalah kondisi pikiran yang tenang, senang, dan pasrah kepada Tuhan. Seseorang dapat dikatakan bahagia apabila mampu melepaskan dirinya dari cengkeraman segala hal yang membuatnya terpuruk.

Macam-macam Bahagia

Ada dua jenis kebahagiaan berdasarkan perilaku yang tampak serta dampak dari perilaku tersebut:

Bahagia bersyarat

Bahagia bersyarat adalah kebahagiaan yang hanya akan terjadi dengan syarat-syarat tertentu.

Kebahagiaan seperti ini dikendalikan oleh hal-hal yang ada di luar dirinya, apakah itu pacar, mobil, teman, sahabat, orang tua, mitra kerja, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, ketika seseorang berkata:

 “Saya akan bahagia, jika punya mobil baru” sesungguhnya ia telah menyandera batinnyauntuk menjadi seorang penganut bahagia bersyarat. Akibatnya, ketika kebahagiaan itu tidak bisa didapatkannya, ia akan mengambinghitamkan orang lain atas penderitaannya. Sehingga yang sering terdengar adalah kata-kata seperti, “Aku menderita karena tidak memiliki mobil baru”.


Bahagia tanpa syarat

Bahagia tanpa syarat adalah orang yang selalu ikhlas dan bersyukur. Dapat diistilahkan dengan “ikhlas untuk bahagia” atau “bersedia berbahagia dengan kondisi apapun”. Seseorang yang menganut azas bahagia tanpa syarat akan sangat menikmati kondisi hidup yang dijalaninya. Tidak soal kaya atau miskin, mempunyai banyak uang atau sedikit, sedang sehat atau sakit, dan seterusnya. Menjadi bahagia adalah pilihan sikap di dalam diri kita, bukan dampak dari kehidupan di luar kita.


Mengapa Harus Bahagia?

Kita hidup di dunia ini pasti memiliki alasan dan tujuan mengapa harus hidup. Jika dalam hidup ini tidak memiliki tujuan, sama halnya dengan naik taksi tetapi tanpa tujuan. Maka, terdapat dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, sopir taksi ragu-ragu untuk melajukan taksinya dan berpikiran apakah anda orang yang bingung, sedang kabur dari rumah, atau tidak memiliki cukup uang untuk membayar sehingga sopir taksi hanya akam melajukan taksinya jika anda menginformasikan kemana tujuan anda. Kedua, sopir taksi tetap melajukan taksinya, tetapi hanya berputar-putar tanpa tujuan yang jelas. Menyusuri kota dari ujung ke ujung. Dan setelah itu tentunya anda harus membayar dengan harga yang sangat mahal. 


Keunggulan Orang Bahagia :

Hidup lebih mudah

Pada dasarnya, “Masalah akan tetap menjadi masalah jika dianggap masalah”. Sebaliknya, orang yang memutuskan untuk bahagia, maka ia akan membiasakan dirinya untuk bahagia hingga akhirnya ia terbiasa memaknai setiap peristiwa dari sudut pandang kebahagiaan.

Selalu merasa sehat

Secara fisiologis, ketika seseorang sedang bahagia, maka otaknya akan menghasilkan hormon endorphin yang bermanfaat untuk kesehatan dan perbaikan sel tubuh. Daya tahan tubuh orang bahagia semakin kuat sehingga penyakit sulit kembali dan mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat.

Dikelilingi orang-orang yang bahagia

Hukum alamiah dalam pergaulan “Manusia suka bergaul dengan manusia yang memiliki kesamaan”. Ada sebuah jargon yang mengatakan : “Orang baik akan bertemu dengan orang baik. Sedangkan orang jahat akan bertemu dengan orang jahat”. Ketika anda berpikir tentang sesuatu, maka orang yang memiliki frekuensi pikiran selaras dengan pikiran anda itu akan hadir di dekat anda. Inilah yang dinamakan dengan hokum tarik-menarik (law of attraction)


Penderitaan Orang Tanpa Kebahagiaan.

Ada beberapa orang yang meyakini hidupnya selalu terpuruk. Selalu mengeluh tentang permasalahan hidup yang dihadapinya dan selalu menceritakan penderitaannya secara berulang-ulang. Semakin sering dia bercerita, maka semakin berkesan bahwa dia seolah-olah bangga dengan kemalangan demi kemalangan dalam hidupnya. Penderitaan dan keterpurukan selalu menjadi sahabat terbaik baginya. Hal itu yang dimaksud dengan seseorang yang hidup tanpa kebahagiaan sejak di dalam pikirannya. Berikut dampak yang dialami orang-orang yang hidup tanpa kebahagiaan :

Hidup terasa lebih sulit

Orang yang berpikiran positif akan lebih mudah bangkit dari keterpurukan dan mampu menata ulang kembali hidupnya. Sebaliknya, orang yang berpikiran negatif maka segala kesulitan hidup akan selalu menghampiri. Orang yang berpikiran negatif akan selalu mempersepsi negatif semua peristiwa yang menimpanya.

Mudah terserang penyakit

Ketika pikiran seseorang dipenuhi emosi negatif, maka penyakit akan mudah masuk dan bersemayam dalam diri orang tersebut.

Dikelilingi oleh orang-orang yang menderita.

Setiap gelombang pikiran yang anda pancarkan ke alam semesta, maka semesta dunia akan memantulkan kembali energi yang sama ke dalam kehidupan anda. Energi itu pula yang akan mendekatkan anda kepada orang-orang yang memiliki frekuensi yang sama.


Bagaimana Cara Bahagia?

Agar bisa bahagia, ada beberapa hal yang perlu dipahami dan anda perlu mengendapkan di pikiran bawah sadar anda. 

Menemukan wortel di dalam jiwa

Menemukan “ wortel” dalam jiwa merupakan salah satu teknik yang saya temukan dalam membantu seseorang untuk menemukan motivasi dalam dirinya. Metode ini membantu untuk menemukan alasan terdalam pada dirinya untuk bersemangat dan mencapai kehidupan yang lebih baik.

Pemahaman “Wortel” dan “Cambukan”

Hal ini digambarkan dengan seekor keledai yang di punggungnya diikatkan sebatang bamboo yang panjang menjulur ke depan hingga melewati kepalanya. Kemudian di ujung bamboo tersebut diikatkan sebatang wortel segar. Maka ketika itu keledai akan mulai berjalan dan akhirnya berlari mengejar wortel tersebut. Akan tetapi, jika bukan wortel yang ada di depannya, maka ia akan diam saja. Seperti itulah analogi impian sebagai “wortel”. Wortel adalah sebuah impian yang sangat pribadi. Wortel itu memang harus unik dan aneh, yang bisa jadi berbeda bagi setiap orang. Dengan “Wortel” itu, orang yang bersangkutan merasa senang dan punya semangat hidup yang besar manakala membayangkan atau mengingatnya.

Cara Menemukan “Wortel” dan “Cambukan”

Prinsip dasar pemahaman tentang wortel ini adalah sebuah hokum alam yang mengatakan : “Manusia akan mendekati kesenangan dan akan menjauhi kesengsaraan”. Hal-hal yang membuat seseorang bergerak mendekat, berarti ada kesenangan di sana. Akan tetapi, hal-hal yang membuat seseorang menjauh, berarti ada kesengsaraan di sana. Ibaratnya, jika wortel adalah hal yang disukai keledai, maka cambukan adalah hal yang tidak disukai keledai. Untuk mengetahui bagaimana cara menemukan wortel dan cambukan, terletak pada pemahaman diri sendiri dengan memperhatikan cirri-ciri wortel dan cambukan.

Ciri-ciri wortel :

Wortel dapat berupa imajinasi yang menyenangkan. Contohnya, rumah yang indah, mobil mewah, pemandangan pantai, dan lain sebagainya.

Wortel dapat pula berupa alasan untuk melakukan sesuatu. Contohnya, alasan untuk bersekolah, kuliah, ataupun bekerja. Anda dapat mengajukan pertanyaan : mengapa sih harus sekolah? Apa dampaknya kalau saya tidak sekolah?. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut akan mendatangkan kesenangan, maka itulah wortel anda.

Ciri-ciri cambukan :

Cambukan adalah sebuah imajinasi yang memunculkan ketakutan, kesedihan, atau rasa jijik. Cambukan mendatangkan rasa keterpurukan secara mental sehingga seseorang bertekad untuk menjauhinya. Untuk mengetahui cambukan pada diri seseorang, dapat mengajukan pertanyaan : jika saya mendapat nilai jelek saat ujian, apa yang terjadi? Ketika pertanyaan itu menimbulkan imajinasi yang menakutkan, maka itulah cambukan bagi anda.

Mengetahui Cara Kerja Pikiran 

Pikiran merupakan suatu keajaiban luar biasa yang telah diciptakan tuhan dan ditanamkan di kepala setiap manusia. Cara kerja pikiran adalah sesuatu yang abstrak. Cara kerja pikiran tidak bisa dilihat dan diraba, namun memiliki kekuatan dalam menghasilkan dampak tertentu. System pikiran diibaratkan sebagai gunung es. Gunung es yang berada di atas permukaan air laut serupa dengan system pikiran sadar. Sedangkan bagian gunung es yang berada di bawah permukaan air laut sama dengan system pikiran bawah sadar. Kolaborasi dua bagian system pikiran ini membentuk kepribadian, perilaku, pola piker (mindset).

Pikiran sadar mengendalikan perilaku seseorang yang disengaja atau yang direncanakan secara logis. Secara alamiah, pikiran sadar mulai terbentuk pada manusia di usia sekitar 3 tahun dan mengambil porsi 20(. Pikiran bawah sadar mengambil bagian 88(. Maka 88( kehidupan seseorang dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar terbentuk sejak manusia dalam kandungan. Pikiran bawah sadar adalah system kerja pikiran yang mengendalikan anda untuk melakukan aktivitas secara spontan atau tanpa rencana. Berikut karakteristik pikiran bawah sadar :

Hanya bisa menerima informasi

Peka pada emosi 

Informasi yang disampaikan berulangkali akan lebih tertanam

Hanya menerima kalimat positif

Bersifat sangat pribadi

Channel Pikiran

Manusia memiliki tiga channel utama yang dapat memasok dan menyuplai data. Dapat disebut  sebagai akses modalitas :

Visual 

Channel visual adalah kanal pikiran yang lebih peka saat indra penglihatan digunakan

Auditori 

Channel auditori adalah channel pikiran yang berkaitan dengan pendengaran

Kinestetik

Channel kinestetik identik dengan perasaan. Lebih mudah menerima informasi setelah merasakan atau mengalami peristiwanya secara langsung.


Sinyal Pikiran

Sinyal pikiran lebih dikenal dengan hokum ketertarikan atau law of attraction yang menyatakan bahwa, “Apapun yang anda pikir, maka sinyalnya akan menyebar keluar diri anda menuju semesta. Sinyal itu kemudian dipantulkan kembali oleh semesta ke dalam diri anda dalam frekuensi yang sama namun dengan gelombang yang besarnya berkali-kali lipat dari sebelum dipancarkan keluar. Jadi, jika anda berpikiran positif, maka semesta akan memunculkan gelombang positif yang lebih besar kepada anda dan sebaliknya.


Instal Pikiran

Sama seperti dengan computer, perbedaan diantara manusia yang kapasitas hardwarenya sama ditentukan software yang terinstal di dalam pikirannya. Software ini telah terinstal pada setiap orang sejak berada dalam kandungan dan berkembang selama hayat dikandung badan. Proses install pikiran manusia melalui beberapa tahap : 


Di dalam kandungan

Hal ini terjadi saat janin berusia 4-7 bulan masa kandungan. Pada saat ini pikiran bawah sadar sudah terbentuk dan siap diisi berbagai informasi dalam rupa emosi. Emosi positif maupun negatif punya peluang yang sama untuk diinstal di dalam pikiran janin. Pada masa kehamilan, apapun perasaan yang dirasakan sang ibu, maka secara otomatis akan terinstal pula ke dalam pikiran bawah sadar janinnya.

Usia 3 tahun awal kehidupan

Install software pikiran kedua, terjadi pada periode dilahirkan hingga anak berusia 3 tahun. Periode ini disebut dengan periode emas bagi perkembangan anak. Pada masa ini, segala peristiwa yang dilihat, dirasa, dan didengar oleh anak akan langsung terekam di dalam pikirannya. Meskipun bayi belum bisa mengerti makna dari kata-kata orang dewasa, tapi ekspresi emosionalnya dapat terekam dan tertanam di pikiran bawah sadar. Sebagian orang menganggap bahwa kepribadian, pola pikir, dan karakter bersifat genetis. Namun perlu diyakini bahwa anak adalah “tabularasa” seperti kertas kosong yang siap menerima tulisan apa saja. Lingkungannya yang berperan untuk mengisi dan membentuk kepribadian manusia.

Setelah usia 3 tahun

Pada masa ini kepribadian seseorang mulai terbentuk


Ada beberapa cara untuk bangkit dari keterpurukan :

Install pikiran saat ini.

Dengan cara kesediaan untuk menjadi dewasa dan bijaksana, berserah diri kepada Allah SWT., perlunya memvisualisasikan impian yang ingin dicapai, katakan dalam hati dan pikiran bahwa segala peristiwa dan kepribadian negatif yang pernah dilakukan dalah persoalan dahulu, gunakan kata-kata yang bernuansa positif atau kalimat langsung saat menyatakan tekad.

Memahami kehidupan masa lalu.

Rekaman peristiwa masa lalu akan menstimulasi system pikiran, kepribadian, dan sudut  pandang. Untuk memahami dampak pikiran di masa laludan masa sekarang. Terdapat beberapa hal : 

Masa lalu yang diam : segala peristiwa di masa lalu yang apabila mengingatnya terkesan biasa saja

Masa lalu yang mendukung masa sekarang : masa lalu yang memberikan pengaruh positif bagi masa sekarang.

Masa lalu yang mengganggu masa sekarang : sebuah pemikiran yang membuat hidup seseorang menjadi kurang produktif, baik dilakukan secara sadar maupun tidak sadar



Virtual Forgiveness

Ketika seseorang mencoba mengingat masa lalu, akan merasakan sesuatu yang emosional atau masih mengingatnya dengan gambaran peristiwa yang jelas. Terdapat kemungkinan perasaan negatif muncul, entah rasa takut, cemas, jijik, dan lain sebagainya. Virtual forgiveness adalah langkah tegas untuk mengikhlaskan atau memaafkan masa lalu yang mengganjal. Terkait dengan peristiwa, kondisi, maupun orang-orang yang terdapat di dalam masa lalu tersebut.


Tips Praktis Bahagia

Temukan impian anda

Yakini impian anda

Take action

Ikhlas


The Best Way to Make Dreams Come True is to Wake up *