CARA MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN TEMAN SEBAYA

Pentingnya teman sebaya untuk remaja

Masa remaja adalah masa yang sangat penting dalam proses perkembangan. Oleh karena itu perkembangan pada masa remaja sangat membutuhkan perhatian dari berbagai pihak terutama dari lingkungan terdekatnya seperti keluarga. Pengaruh teman sebaya dalam perkembangan dan pembentukan identitas dirinya juga tidak bisa dianggap sepele, kerena dengan teman sebayalah remaja biasanya banyak menghabiskan waktunya untuk bertukar informasi tentang dunia luarnya. hal inilah yang sangat berpengaruh pada pemikiran remaja dan apa yang harus dia lakukan. Remaja memiliki kebutuhan yang kuat untuk disukai dan diterima kawan sebaya. Oleh karena itu  mereka akan senang apabila diterima mereka di terima, sedangkan ketika mereka itu diasingkan atau tidak di terima di dalam kelompok tersebut mereka akan merasa tertekan, cemas, merasa diremehkan oleh kawan sebayanya tersebut. karena bagi remaja  pandangan teman sebayanya terhadap diri mereka itu merupakan hal yang sangat penting.

2.      Fungsi teman sebaya

Sifat dasar darai hubungan antar teman sebaya melalui perubahan yang penting pada masa remaja. Teman sebaya adalah individu yang tingkat kematangan dan umurnya kurang lebih sama. Hubungan teman sebaya yang baik mungkin diperlukan untuk perkembangan sosial yang normal pada masa remaja, bagi remaja hubungan teman sebaya merupakan bagian yang paling besar dalam kehidupannya.

Ada beberapa fungsi terpenting dari kelompok teman sebaya:

a.       Sebagai sumber informasi mengenai dunia luar

b.      Memperoleh uman balik mengenai kemampuannya dari kelompok teman sebaya

c.       Mempelajari bahwa apa yang mereka lakukan itu lebih baik, sama baik, atau kurang baik, disbanding remaja lain.

d.      Dukungan ego, pertemanan menyediakan harapan atas dukungan, dorongan, dan umpan balik yang dapat membantu remaja umtuk mempertahankan kesan atas dirinya sebagai individu yang mampu, menarik, dan berharga.

e.       Pertemanan memberikan hubungan yang hangat,dekat, dan saling percaya dengan individu yang lain.

3.      Cara membina hubungan baik dengan teman sebaya

Dalam kehidupan sehari-hari seseorang tidak lepas dari sebuah interaksi antar teman, baik itu positif maupun negative. Ada beberapa cara dalam membina hubungan baik dengan teman sebaya :

1.      Hormatilah teman, teman biasanya sebaya dengan kita, bahkan ada yang lebih tua dari kita. Oleh karna itu sudah sepantasnya kita menghormati yang lebih tua

2.      Tidak bercanda yang keterlluan, apalagi sampai menyinggung perasaan teman.

3.      Sesekali kumpul dengan teman ketika kita ada waktu senggang, karena itu berguna untuk membuat kita lebih akrab

4.      Bantulah teman jika mengalami kesulitan.

5.      Saling mengingatkan

6.      Berbagi

7.      Belajar menghargai

8.      Mau mengerti keadaan teman

9.      Mau memberikan pujian, pengapresiasi teman ketika mendapat prestasi contohnya. Hal itu akan membuat teman merasa mendapat dukunga dari kita, dan itu akan membuat teman menjadi dekat dengan kita

10.  Mau memberikan motivasi untuk teman