“BK Keluarga, Mengajarkan Kebersihan Terhadap Anak”

T

entunya kita sudah tahu dan mengerti bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Sebagai orang tua kita wajib mengajarkan kebersihan terhadap anak sejak dini. Kebersihan sangatlah penting, karena menjauhkan bakteri-bakteri penyakit dari anak. Pastinya anak-anak juga belum memahami bagaimana pentingnya menjaga kebersihan. Orang tua mengajarkan kebersihan anak seharusnya dimulai dari yang dasar dan gampang saja. Seperti mencuci tangan dan kaki, menyikat gigi, merapikan tempat tidur setelah bangun, menyendirikan baju kotor dan sebagainya. Mengajari kebiasaan untuk anak-anak adalah hal yang tidak mudah, orang tua perlu melakukannya dengan sabar. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan kebersihan kepada anak.

a.      Memberikan contoh

Pastinya anak akan lebih mudah meniru daripada hanya mendengarkan. Orang tua sebaikny memberi contoh sehari-hari. Seperti anak diberitahu untuk melakukan sikat gigi sebelum tidur, orang tua juga harus melakukannya setiap hari. Sehingga anak bisa meniru apa yang menjadi kebiasaan orangtuanya.

 

b.      Memberi pujian

Anak bisa lebih percaya diri lagi jika orang tua memberi pujian. Setelah anak melakukan hal yang dicontohkan orang tua, alangkah baiknya orang tua memberi pujian kepada anak, sehingga anak tau kalau yang dilakukaknnya itu merupakan tindakan yang benar.

c.       Mengajarinya lewat cerita

Hindari menyuruh anak. Lebih baik mengajarkannya dengan cerita sehingga anak mudah menangkap apa yang dimaksud. Dengan bercerita anak bisa menyerap apa yang dikatakan lebih baik. Imajinasinya akan berkembang. Berebeda jika orang tua menyuruh, anak akan terpaksa melakukannya.

d.      Konsisten

Berhubngan dengan memberikan contoh tadi, pastinya contoh tidak dilakukan hanya searu dua hari saja. Melainkan juga dilakukan sebagai kebiasaan sehari-hari.[1] Anak akan melihat jika orang tuanya melakukannya tiap hari, maka ia jug akan melakukannya tiap hari.

Orangtua mengajarkan dengan cara yang halus dan tidak memaksa. Jika sudah menjadi kebiasaan di dalam keluarga, maka anak akan melakukan kebiasaan itu juga. Ada bebarapa contoh dasar kebersihan yang bisa diajarkan pada anak sejak dini, seperti :

1.      Memilah baju yang kotor

Biasakan anak sudah bisa memilih baju mana yang kotor dan yang sudah haru dicuci. Hal ini perlu dibiasakan sejak dini.

2.      Hasil gambar untuk menjaga kebersihanMencuci piring

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah makan biasakan anak langsung mencuci piringnya. Ajari dia mencuci piring, membilas dan manaruh piring pada tenpatnya kembali. Orangtua melakukan hal tersebut dengan anaknya, sehingga akan lebih menyenangkan untuk dilakukan anak.

3.      Merapikan tempat tidur

Hasil gambar untuk merapikan tempat tidur kartunIni merupakan hal yang simple tapi penting. Dengan ini anak juga akan belajar menata dimana letak bantal, guling maupun boneka.[2]

 

 

 

 

 

 

4.      Sikat gigi dan mencuci kaki tangan sebelum tidur

Hasil gambar untuk sikat gigi kartun

 

 

 

 

 

 

Selain kebersihan, ini juga berdampak pada kesehatan gigi anak kelak.

Setelah mengajarkan kebersihan di dalam rumah, tidak lupa mengajari anak kebersihan di lingkungan. Seperti membuang sampah pada tempatnya. Membiasakan anak ikut saat orang tua gotong royong di desa, nanti anak akan melihat dan melakukan apa yang orangtua lakukan dan anak akan terbiasa. Anak akan bisa mengaplikasannya dimanapun ia berada. Kemudian mencuci tangan setelah memegang benda asing. Dengan begitu anak akan mempunyai tanggung jawab terhadap diri dan lingkungannya.

 



[1] www.kompasiana.com

[2] http://bali.tribunnews.com/2015/08/22/ini-6-kegiatan-kebersihan-yang-harus-dipelajari-anak-sejak-dini?page=2