Pentingnya Membangun Personal Branding

 Di kalangan muda sekarang, mulai banyak istilah yang kita dengan, salah satunya yaitu Personal Branding. Tetapi mungkin sebagian diantara kita tidak mengerti apa artinya. Sebenernya, apa sih Personal Branding itu?

Jadi, Personal Branding itu adalah bagaimana kamu memasarkan diri kamu sendiri – ya, kamu !

Personal branding terdiri dari dua kata, yakni personal dan branding. Branding adalah memberikan nama atau kesan tertentu terhadap suatu barang atau jasa agar diketahui masyarakat luas. Maka, jika branding diaplikasikan ke seseorang atau individu (personal) memiliki pengertian usaha memberikan impresi atau kesan tertentu kepada orang lain terhadap seorang individu atau usaha membentuk atau memberikan kesan atau impresi yang dilakukan seorang individu dengan tujuan agar mudah dikenali oleh masyarakat luas. 
Sementara, pengertian personal branding menurut marketer Mcnally ialah persepsi atau emosi yang diatur oleh orang lain selain diri Anda, sehingga personal branding dapat dijelaskan oleh orang yang pernah memiliki hubungan kerja atau pertemanan dengan Anda.

Bayangkan kamu itu adalah suatu produk. Misalnya kamu itu adalah iPhone. Kita tahu bahwa iPhone adalah smartphone yang keren, fungsinya banyak, dan harganya yang mahal. Nah sama seperti kamu, misalnya kamu itu keren, bisa ngapain aja, dan value kamu diantara temen-temen kamu lebih tinggi.

Nah, coba mulai sekarang kamu bangun Personal Branding itu. Kareka Personal Branding sangat penting untuk kamu bangun. Tentunya harus yang positif dong, jangan sampe bangun Personal Branding yang negatif 

 

Keuntungannya apa sih?

Sebenernya banyak keuntungan dari Personal Branding, tapi ini ada beberapa contoh keuntungan dari Personal Branding :

1.      Banyak yang kenal kamu,

2.      Dapet kehormatan dari orang sekitar,

3.      Orang akan senang dan terinspirasi dengan kamu,

4.      Kalau ada project, kamu bisa dapet dengan cepet dan sesuai harapan,

5.      Kalau kamu berjualan, banyak yang senang dengan produk kamu

 

Gimana Caranya?

Ada 4 langkah buat membangun personal brand yang baik dan tentu saja, berkualitas:

Discover

Sangat penting untuk mengetahui dan mengenal siapa kamu, apa passion-mu sangat penting.

Create

Buatlah toolkit branding kamu – toolkit disini maksudnya adalah media untuk membranding kamu, seperti blog, website, kartu nama, video, portfolio dan lainnya. Bahkan kamu bisa memulai personal branding lewat Social Media seperti Facebook, Twitter, Path, dll.

Kalau kamu punya kartu nama, coba kamu kasih ke orang-orang yang berpontensi membutuhkan skill kamu.

Communicate

Komunikasikan kamu pada dunia. Semakin banyak yang mengenal kamu maka personal brand yang kamu bangun akan semakin kuat. Kamu juga harus sering untuk ngobrol dengan orang-orang baru, orang penting, atau siapapun untuk memperluas Network kamu.

Maintain

Sesuatu yang Anda bangun akan cepat punah jika tidak dijaga.

 

Membangun dan membentuk personal branding yang unik di dalam dunia pekerjaan akan memengaruhi karier maupun perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan kemampuan personal branding yang baik, maka secara tidak langsung Anda memasarkan diri dan kemampuan Anda agar dapat bertemu dengan pelanggan yang kebetulan membutuhkan kemampuan yang Anda miliki. Di manapun posisi Anda di dalam jenjang karier, personal branding